Sabtu, 09 Februari 2013

Basmalah.

بسم الله الرحمن الرحيم
Kalimat Basmalah sangatlah penting bagi seorang muslim dalam mengawali aktifitasnya. Basmalah dapat membedakan antara perkara adat kebiasaan atau ibadah. Aktifitas yang terbungkus dalam rangkaian ibadah akan menjadi ‘aadah atau rutinitas tatkala tidak diawali dengan basmalah serta niat. Begitu sebaliknya perkara rutinitas dapat memiliki nilai ibadah tatkala diniati dan diawali dengan basmalah, contoh bismillah saya berniat untuk makan agar nanti kuat dalam beribadah. Meski makan adalah rutinitas yang biasa namun dapat menjadi ibadah tatkala diniati ibadah dan diawali dengan basmalah.
Sayyidina Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda:
إنما الأعمال بالنيات
Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat.
كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله فهو أقطع
Setiap perkara yang memiliki makna tidak diawali dengan menyebut nama Allah (bismillah) maka terputuslah (barokahnya).
Mengapa terputus barokah? Sebab segala aktifitas memiliki kaitan dengan tanggung jawab seseorang kepada Tuhannya. Nah, seseorang yang ingat akan Tuhan disetiap aktifitasnya maka Tuhan pun akan menambah nilai kebaikan diaktifitas tersebut. Sebaliknya ketika seseorang lalai akan Tuhan dalam mengawali aktifitas, maka tambahan akan kebaikan pun tidak diberikan oleh Tuhan. Itulah makna barokah disetiap aktifitas. Sebab dengan ingat kepada Tuhan, seseorang akan meyakini bahwa Tuhan lah yang membantu dirinya dalam kelancaran atas kesuksesan sebuah aktifitas.
Huruf {Ba’} dalam basmalah menurut ulama’ al-arobiyyah berarti lil-isti’anah (mengharap pertolongan). Pendapat tersebut diperkuat oleh alBaidlowi (alQodli Nasiruddin Abdullah bin Umar AsSyairozi w. 685 H), dalam pandangan beliau huruf {ba’} dalam basmalah persis peran huruf {Ba’} dalam kalimat:
كتبت بالقلم
Saya telah menulis dengan menggunakan pena.
Dapat dikatakan ketika seseorang mengucapkan Bismillahi berarti secara tidak langsung dia juga mengucapkan: saya meminta pertolongan diawal aktifitas saya ini dengan menyebut nama Allah ta’ala.
Ada beberapa fadhilah basmalah, diantaranya adalah:
- Imam alKhotib asSyarbini dalam syarah alQur’anul Adzim: bilangan huruf basmalah ada 19, dan jumlah malaikat penjaga neraka berjumlah 19, telah berkata Ibn Mas’ud: barangsiapa menginginkan agar Allah melindungi dari malaikat azzabaniyyah maka hendaklah ia membaca basmalah, agar Allah ta’ala menjadikan setiap hurufnya perlindungan bagi dirinya dari malaikat azzabaniyyah yang berjumlah 19.
- Imam Abul Hasan asSyadzili berkata: barangsiapa yang telah membaca basmalah sebanyak 12 ribu kali maka ia akan dibebaskan dari neraka dan di ijabahi do’anya.
- Barangsiapa membacanya disetiap terbitnya matahari pada hari ahad sebanyak jumlah para rasul -313 kali- dengan menghadap kiblat dan dilanjutkan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam seratus kali maka Allah ta’ala akan memberikan rizki yang tiada batas atas fadhal dan karomahNya.
Begitulah tulisan singkat atas basmalah. Dengan adanya tulisan ini semoga kita semua senantiasa ingat akan Allah ta’ala disetiap aktifitas. Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar